WHAT'S NEW?
Loading...

5 Ide Bagus Hemat Listrik, Gas dan Uang

foto

Dengan naiknya biaya listrik dan gas, banyak dari kita mencari jalan menghemat listrik dan gas di rumah kita. Hal yang menggembirakan adalah banyak cara yang sederhana dan tidak mahal yang dapat kita lakukan sekarang juga. Dengan mencoba beberapa ide ini dan membuat sedikit perubahan pada kebiasaan kita sehari-hari, kita dapat menghemat uang dan membantu lingkungan lingkungan hidup tanpa mengorbankan kenyamanan.

  1. Mengurangi penggunaan air panas Air panas memakan biaya sekitar 25 persen dari rata-rata biaya listrik rumah. Cara-cara mengurangi penggunaan air panas termasuk mencuci pakaian dengan air dingin dan baru menyalakan mesin cuci pakaian kalau pakaian sudah cukup memenuhi mesin cuci itu, hanya menyalakan mesin pencuci piring kalau sudah penuh, memasang kepala pancuran air yang tidak deras (low-flow) (biayanya akan kembali sebentar saja karena penghematan yang dihasilkan) dan mandi cukup sebentar saja.

  2. Memilih perkakas yang efisien Perkakas rumah tangga dapat menghabiskan sepertiga dari biaya listrik kita. Jika anda membeli lemari es, lemari pembeku, televisi, mesin cuci, mesin pengering pakaian, mesin pencuci piring atau pendingin ruangan yang baru, lihatlah tanda/label pemakaian listrik (Energy Rating)—semakin banyak tanda bintangnya semakin sedikit listrik yang dipakai perkakas itu. Perkakas yang banyak bintangnya mungkin sedikit lebih mahal, tetapi memilih perkakas yang lebih murah tetapi kurang efisien dapat makan lebih banyak biaya dalam jangka panjang.

  3. Memakai perkakas secara bijak Lampu yang menyala ketika 'perkakasnya sedang tidak' dipakai yang terdapat di perkakas seperti oven gelombang mikro, televisi dan perangkat game dapat menghabiskan 10 persen dari biaya listrik. Jika ada lampu atau jam kecil—alat ini menggunakan listrik. Biaya pemakaian dapat dikurangi dengan mematikan listriknya di tembok ketika sedang tidak dipakai, menyingkirkan lemari es atau lemari pembeku tambahan yang tidak perlu dan mengeringkan pakaian di tali jemuran daripada di mesin pengering.

  4. Memanaskan dan mendinginkan secara efisien Untuk setiap satu derajat kenaikan alat pemanas atau pendingin, pemakaian listrik akan naik kira-kira 5 sampai 10 persen. Agar biaya listrik tetap terkendali, cobalah pasang alat pemanas pada 18-20 derajat Celsius di musim dingin dan sampai 25-27 derajat Celsius di musim panas. Anda dapat menghemat listrik yang anda pakai dengan menutup pintu-pintu dalam rumah dan memanaskan atau mendinginkan kamar-kamar yang anda pakai saja.

  5. Mencegah angin masuk ke rumah anda Mencegah masuknya angin adalah cara yang murah dan mudah untuk menjaga agar rumah anda nyaman dan menghemat sampai seperempat biaya pemanasan dan pendinginan rumah. Dengan menyumbat lubang-lubang di sekitar pintu, lantai, jendela dan papan dasar (skirting board), dan menggunakan penutup lubang angin berbentuk sosis yang diisi pasir atau kain adalah cara yang dapat dikerjakan sendiri.

    sumber

0 komentar:

Post a Comment